Yuk Cari Tahu Ragam Jenis Lantai Populer untuk Rumah Idamanmu!

Lantai bisa berpengaruh besar pada estetik rumah. Jika dulu umumnya lantai rumah menggunakan ubin keramik, jenis lantai kini makin beragam. Hal ini terjadi seiring dengan pergeseran gaya hidup yang semakin modern. Banyak orang yang memilih lantai bukan hanya melihat dari fungsi dasarnya saja, tapi juga untuk elemen dekorasi.

Untuk Anda yang masih memikirkan lantai seperti apa yang bagus untuk rumah Anda, yuk cari tahu dulu ragam jenis lantai yang pouler saat ini:


Marmer

Marmer terbuat dari batu pualam yang disatukan dengan tekanan dan suhu tertentu. Karenanya, harga jenis lantai ini cukup mahal, tapi tahan lama. Selain itu, marmer adalah jenis lantai yang layak dipertimbangkan untuk menambah keindahan rumah Anda karena penampakannya yang selalu kering dan mengkilap.

Granit

Granit memiliki permukaan luar yang sangat mengkilap sehingga dapat merefleksikan objek yang berada di sekitarnya. Selain dari estetika, keunggulan lain dari jenis lantai ini adalah daya tahannya yang dapat menahan beban mencapai 500 kg. Jadi memang jenis lantai ini tahan lama. Namun di lain sisi, harganya mahal.

Keramik

Keramik adalah alternatif yang lebih murah jika budget tak mencukupi untuk membeli marmer atau granit. Jenis lantai ini juga yang paling umum digunakan di rumah-ruma desa maupun perkotaan. Terbuat dari tanah liat yang dibakar dan diglazur, keramik kini semakin banyak motif dan ukurannya dan fleksibel untuk digunakan di berbagai ruang rumah.

Kayu

Lantai kayu cukup populer belakangan ini, dan seolah mencirikan rumah modern saat ini. Serat-serat pada kayu memang menciptakan kesan dekorasi yang artistic dan hangat. Tapi penggunaan lantai kayu cukup menguras isi kantong. Juga tak semua ruang cocok menggunakan lantai kayu terutama area yang cenderung basah.

Laminate

Harga laminate umumnya lebih murah dari lantai kayu. Terbuat dari serbuk kayu, penampakannya seperti memang seperti lantai kayu. Akan tetapi jika digunakan di area yang kerap terkena air, ketahanan lantai laminate akan semakin berkurang. Dan jika sudah rusak sulit diperbaiki.

Vinyl

Vinyl terbuat dari polyvinyl chloride yang bisa dibentuk menyerupai jenis lantai dari bahan lain. Seperti menyerupai kayu dan mosaik yang unik. Jenis lantai ini bisa dijadikan alternatif lantai laminate yang lebih murah.

Batu

Jenis lantai batu lebih sering digunakan untuk area luar seperti garasi dan hiasan taman. Permukannya yang cenderung kasar membuatnya tidak licin saat dipijak. Selain itu, pemilik rumah tidak memerlukan perawatan khusus untuk menjaga keawetannya.

Gabus

Gabus adalah jenis lantai yang portable karena bisa dipindahkan seperti halnya karpet. Juga nyaman untuk dipijak. Bahannya juga alami dan bisa mengantarakan rasa hangat di musim dingin, dan kesejukan di musim panas.