Mengenal Wilayah Surabaya Sebagai Tempat Tinggal di Masa Depan

Selain sebagai kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia, Surabaya menjadi pusat bisnis di Jawa timur. Ibu kota provinsi Jawa Timur ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam, kuliner, belanja, hingga sejarah. Sejak beberapa tahun terakhir, wajah Kota Surabaya semakin dikenal berkat citra positifnya.


Tak hanya itu, saat ini Surabaya semakin dilirik oleh para pengembang. Hal ini dipengaruhi kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan dan transparan dalam mengurus perizinan. Ditambah upaya pemerintah yang terus menggenjot perbaikan dan pembangunan infrastruktur baru seperti jalan, jembatan, pelabuhan, dan lainnya.

Surabaya dan kawasannya sekitarnya sudah didukung keberadaan infrastruktur, terutama jalan tol, yang memadai. Misalnya jalan tol Surabaya - Porong, tol Surabaya - Mojokerto, dan tol Surabaya - Gresik. Saat ini, pemerintah tengah menggarap Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB) dan Jalur Lingkar Luar Timur (JLLT), serta penyelesaian proyek Midle East Ring Road (MERR). Ketiga proyek infrastruktur tersebut dirancang agar saling terintegrasi dan diharapkan menjadi solusi untuk meminimalisir kemacetan di pusat kota.

Tak ayal hal itupun mendorong pertumbuhan properti di Surabaya ke arah yang positif. Jika Anda membeli sekarang, nilainya cenderung meningkat dalam jangka waktu yang pendek atau menengah. Selain itu, Surabaya juga memiliki pelabuhan perdagangan yang disiapkan sebagai penghubung perdagangan timur Indonesia guna mendukung arus distribusi logistik yang lebih cepat.

Jadi jika Anda berinvestasi membeli rumah di luar Jakarta, pertimbangkanlah membeli rumah dijual di Surabaya. Kalaupun tak ditempati sekarang, Anda bisa berinvestasi sekaligus menyiapkan tempat tinggal untuk masa depan. Bukan hanya prospek investasi yang bagus, Surabaya adalah kota yang menyenangkan untuk dijadikan tempat tinggal.

Ada banyak keistimewaan yang ditawarkan oleh Surabaya. Kota pahlawan memiliki tingkat kepuasaan masyarakat yang cukup tinggi terhadap pelayanan publik. Selain itu, Surabaya juga baru-baru ini menerima penghargaan lingkungan hidup dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kota yang dapat menjaga dan mengelola lingkungan dengan baik diberi penghargaan Adipura Kencana, dan kota itu adalah Surabaya.

Ya, Surabaya menerima penghargaan lingkungan hidup untuk periode 2017-2018. Penghargaan tersebut menunjukkan bagaimana hebatnya upaya pemerintah dan warga Surabaya dalam pengelolaan lingkungan hidup khususnya soal pengelolaan sampah. Hal ini tentunya bukan prestasi sembarangan bukan?

Pertumbuhan ekonomi Surabaya yang terus meningkat juga menjadi faktor penting dalam pertumbuhan sektor properti di sana. Semakin banyak kawasan premium perkantoran, perbelanjaan dan hunian premium yang menyebar di beberapa titik.

Surabaya bagian utara dan selatan sudah dikembangkan sejak lama. Salah satu alasannya karena keberadaan pelabuhan Tanjung Perak dan Kali Mas. Kini pembangunan di Surabaya sudah semakin merata. Bahkan semakin massif hingga ke wilayah pinggiran.

Di pusat kota pun, semakin banyak bangunan vertikal yang difungsikan sebagai apartemen maupun perkantoran. Kawasan selatan mengarah ke perbatasan Kabupaten Sidoarjo dan barat yang mengarah ke Kabupaten Gresik masih memiliki lahan untuk pengembangan proyek rumah dijual di Surabaya dengan harga yang lebih kompetitif.

Namun jika Anda mengincar Surabaya sebagai tempat bisnis seperti kos atau kontrakan, rumah dijual di Surabaya wilayah timur layak untuk dipertimbangkan. Selain kota pahwalan, Surabaya juga dikenal dengan sebutan kota pelajar karena banyaknya universitas yang didirikan di sana, terutama di kawasan timur Surabaya. Hal ini menjadi faktor penting untuk Anda yang berniat memulai bisnis sewa properti.