Tips Membeli Pakaian Untuk Anak-Anak Muslim yang Taat

Membentuk karakter anak yang shaleh atau shalehah perlu dimulai sejak usia dini. Salah satunya dalam hal berpakaian. Sebaiknya anak-anak dibiasakan untuk memakai busana muslim dalam kesehariannya. Bukan hanya pas hari raya saja. Namun, memang membelikan pakaian muslim untuk anak adalah tugas yang susah-susah gampang bagi para orangtua.


Seiring dengan tren hijab yang meningkat, model pakaian muslim anak pun semakin banyak pilihan dengan aneka model dan motif lucu. Yang tampaknya akan sangat menggemaskan jika dipakai oleh anak Anda. Tapi pakaian yang lucu belum tentu nyaman. Apalagi untuk anak aktif yang mudah berkeringat.

Nah berikut adalah beberapa tips membeli pakaian muslim yang nyaman untuk anak:

Model dan motif yang cocok sesuai usia

Terkadang orangtua memilih pakaian anak dengan model atau motif yang kurang tepat. Dalam artian tidak sesuai dengan usia anak. Sehingga gaya busana anak tampak terlalu “ramai” dan dewasa belum waktunya. Sebaiknya para orange tua memilih model pakaian anak yang sesuainya. Dalam hal motif, Anda bisa memilih motif atau karakter yang disukai anak. Memilih pakaian anak dengan model yang tepat dapat menambah kepercayaan diri anak itu sendiri.

Selain itu, perbanyak pakaian muslim yang modelnya fleksibel supaya bisa digunakan untuk berbagai acara. Jangan mudah tergoda untuk membeli pakaian muslim anak hanya karena modelnya yang unik. Tapi pikirkan kembali penggunaan dari pakaian tersebut.

Ukuran yang pas

Anak bisa tidak nyaman beraktivitas karena ukuran pakaian yang tidak sesuai. Seperti halnya orang dewasa, anak juga akan lebih nyaman memakai pakaian dengan ukuran yang pas sesuai karakteristik badannya. Tidak terlalu longgar dan tidak tetat.

Namun terkadang orangtua memilih pakaian dengan ukuran yang lebih longgar supaya bisa dipakai lebih lama. Tidak ada yang salah dengan pemikiran seperti itu, hanya saja pilih ukuran yang tidak besar dari badan anak sehingga anak masih bisa mengenakan pakaiannya dengan cukup nyaman saat beraktivitas.

Bahan yang menyerap keringat

Faktor lain yang berpengaruh pada kenyamanan sebuah pakaian adalah bahan yang digunakan. Bahan katun paling efektif dalam menyerap keringat. Pakaian berbahan katun juga mudah ditemukan dan banyak modelnya. Sehingga anak dapat tetap aktif beraktivitas dengan nyaman tanpa terganggu keringat berlebihan. Bahan lain yang cukup nyaman adalah sutra dan chiffon. Karakteristiknya yang ringan dan tidak mudah kusut saat dikenakan bagus untuk pakaian muslim anak perempuan.

Keamanan

Memang pakaian anak tidak ada yang dibuat untuk membahayakan pemakainya. Tapi bila orangtua tidak jeli, kemungkinan ada komponen dalam pakaian tersebut yang bisa menyebabkan ketidaknyaman dna bahkan luka. Misalnya ujung resleting yang tajam. Atau gamis yang terlalu panjang sehingga berpotensi membuat anak tersandung ketika berjalan atau tersangkut saat naik dibonceng naik motor.

Jika anak perempuan Anda sudah mulai dipakaikan jilbab, pilih jilbab berbahan katun dengan model sederhana. Lebih aman jika Anda membeli jilbab instan yang tidak memerlukan peniti untuk meminimalisir anak terluka akibat tertusuk jarum.

Harga yang terjangkau

Ada harga memang ada kualitas. Tapi yang murah juga terkadang tak kalah bagus dari yang mahal. Bijaklah ketika berbelanja membeli baju anak. Carilah yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Telitilah ketika memilih dengan memperhatikan kualitasnya. Misalnya bahan pakaian yang adem dan tidak luntur. Juga pastikan jahitannya rapi tidak mudah lepas sehingga pakaian tersebut bisa digunakan untuk waktu yang lama.